Monday, 18 April 2016

klasifikasi game

Jenis game berdasarkan alat yang digunakan :
1.Arcade games:


Game yang sering disebut ding-dong di Indonesia, biasanya berada di daerah khusus dan memiliki box atau mesin yang memang khusus di design untuk jenis video games tertentu dan tidak jarang memiliki fitur yang dapat membuat pemainnya lebih merasa “masuk” dan “menikmati”, seperti pistol, kursi khusus, sensor gerakan, sensor injakkan dan stir mobil (beserta transmisinya tentunya).
2.PC Games :

yaitu video game yang dimainkan menggunakan Personal Computers.
3.Console games :

yaitu video games yang dimainkan menggunakan console tertentu, seperti Playstation 2, Playstation 3, XBOX 360, dan Nintendo Wii.
4. Handheld games

yaitu game yang dimainkan di console khusus video game yang dapat dibawa kemana-mana, contoh Nintendo DS dan Sony PSP.
5.Mobile games

yaitu game yang dapat dimainkan atau khusus untuk mobile phone atau PDA.

Jenis game berdasarkan jenis permainannya :
1. Aksi – Shooting

video game jenis ini sangat memerlukan kecepatan refleks, koordinasi mata-tangan, juga timing, inti dari game jenis ini adalah tembak, tembak dan tembak.

2. Fighting ( pertarungan ) :
Inti dari game ini adalah penguasaan jurus. Pemain dituntut utuk mengenali setiap karakter tokoh lawan main yang ada di dalamnya. Contohnya pada game Seri Street Fighter, Tekken, Mortal Kombat, Soul Calibur dan King of Fighter.

3. Aksi – Petualangan :



Game ini telah berkembang hingga menjadi genre campuran action beat-em up, dan sekarang, di tahun 2000 an, jenis ini cenderung untuk memiliki visual 3D dan sudut pandang orang ke-tiga. Tomb Rider, Grand Theft Auto dan Prince of Persia termasuk didalamnya.


4. Petualangan :




Bedanya dengan jenis video game aksi-petualangan, refleks dan kelihaian pemain dalam bergerak, berlari, melompat hingga memecut atau menembak tidak diperlukan di sini. Video Game murni petualangan lebih menekankan pada jalan cerita dan kemampuan berpikir pemain dalam menganalisa tempat secara visual, memecahkan teka-teki maupun menyimpulkan rangkaian peristiwa dan percakapan karakter hingga penggunaan benda-benda tepat pada tempat yang tepat
5. Simulasi, Konstruksi dan manajemen :

Game jenis ini menggambarkan sesuatu dalam dunia nyata seperti membangun rumah, gedung hingga kota, mengatur pajak dan dana kota hingga keputusan memecat atau menambah karyawan. Video Game jenis ini membuat pemain harus berpikir untuk mendirikan, membangun dan mengatasi masalah dengan menggunakan dana yang terbatas. Contoh: Sim City, The Sims, Tamagotchi.
6. Role Playing :



Game jenis ini sesuai dengan terjemahannya, yaitu bermain peran. Memiliki penekanan pada tokoh di dalam permainan, yang biasanya adalah tokoh utama dalam cerita itu. Seperti Final Fantasy, Dragon Quest dan Xenogears.


Jenis game berdasarkan kategorinya :
1. Multiplayer Online

Game ini sedang menjadi tren di dalam maupun luar negeri. Karena pembayarannya online dan melalui voucer, game ini aman dari pembajakan. Contoh: Ragnarok online, O2jam, World of Warcraft, Ayo Dance, Lineage, Rose online


2. Casual games


Game ini sangat mudah dipelajari. Bahkan bisa langsung dimainkan begitu dibuka. Jenis game ini biasanya dimainkan hanya menggunakan mouse saja. Contoh: Diner Dash, Sally Salon, Bejeweled, Zuma, Feeding Frenzy, Insaniquarium.


3. Edugame

Game jenis ini dibuat dengan tujuan spesifik sebagai alat pendidikan, entah untuk belajar mengenal warna untuk balita, mengenal huruf dan angka, matematika, sampai belajar bahasa asing. Developer yang membuatnya, harus memperhitungkan berbagai hal agar game ini benar-benar dapat mendidik, menambah pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan yang memainkannya. Target segmentasi pemain harus pula disesuaikan dengan tingkat kesulitan dan design visual ataupun animasinya. Contoh edugames : Bobi Bola, Dora the explorer, Petualangan Billy dan Tracy.


D. Pengaruh Game Terhadap Kehidupan Pelajar
Munculnya video game sebagai perkembangan teknologi di era modern ini tentu perlu disikapi dengan berbagai sudut pandang positif dan negatif menurut penggunanya. Sebagai manusia yang menerima perubahan, perlu adanya pembatasan-pembatasan tentang sejauh mana dampak negatif yang diakibatkan.
Kehadiran video game memang mendapatkan apresiasi di kalangan remaja, khususnya para pelajar. Hal ini dapat menumbuhkan kreativitas dan daya reaksi selama permainan itu tidak dimainkan selama berulang-ulang.
Akio Mori seorang professor dari Tokyo’s Nihon University melakukan riset mengenai dampak video game pada aktifitas otak. Dari penelitian Akio Mori tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat dua point penting yaitu :
Pertama , penurunan aktivitas gelombang otak depan yang memiliki peranan sangat penting, dengan pengendalian emosi dan agresivitas sehingga mereka cepat mengalami perubahan mood, seperti mudah marah, mengalami masalah dalam hubungan sosial, tidak konsentrasi dan lain sebagainya.
Kedua , penurunan aktifitas gelombang beta merupakan efek jangka panjang yang tetap berlangsung meskipun gamer tidak sedang bermain game. Dengan kata lain para gamer mengalami “ autonomic nerves “ yaitu tubuh mengalami pengelabuan kondisi dimana sekresi adrenalin meningkat , sehingga denyut jantung, tekanan darah, dan kebutuhan oksigen terpacu untuk meningkat. Bila tubuh dalam keadaan seperti ini maka yang terjadi pada gamer adalah otak mereka merespon bahaya sesungguhnya .

Dampak positif game online adalah :
1. Membuat Orang Pintar

Penelitian di Manchester University dan Central Lanchashire University membuktikan bahwa gamer yang bermain 18 jam per minggu memiliki koordinasi yang baik antara tangan dan mata setar kemampuan atlet.
2. Menambah Konsentrasi

Dr. Jo Bryce Kepala peneliti suatu universitas di Inggris menemukan bahwa gamer sejati mempunyai daya konsentrasi tinggi yang memungkinkan mereka mampu menyelesaikan beberapa tugas.
3. Meningkatkan Ketajaman Mata

Penelitian di Rochester University mengungkapkan bahwa anak-anak yang memainkan game action secara teratur mempunyai ketajaman mata yang lebih cepat dari mereka yang tidak bermain game.
4. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris

Riset di Indonesia membuktikan bahwa pria yang mahir berbahasa Inggris di sekolah atau universitas tanpa kursus adalah mereka yang bermain game.
5. Membantu Bersosialisasi

Beberapa professor di Loyola University, Chicago telah mengadakan penelitian dan menurut mereka game online dapat menumbuhkan interaksi social yang menentang stereotif gamer yang terisolasi.
6. Meningkatkan Kinerja Otak dan Membantu Otak dalam Menyerap Cerita

Bermain game yang tidak berlebihan dapat meningkatkan kinerja otak bahkan memiliki kapasitas jenuh yang lebih sedikit disbanding belajar dan membaca buku.
7. Meningkatkan Kecepatan dalam Mengetik

Kebanyakan game online mengharuskan pemain mengetik ketika sedang berkomunikasi dengan lawan bicara, sehingga hal ini secara tidak langsung akan membiasakan pemain dalam mengetik.
8. Menghilangkan Stress

Para peneliti di Indiana University menjelaskan bahwa bermain game dapat mengendurkan ketegangan syaraf.
9. Memulihkan Kondisi Tubuh

Dr. Mark Griffiths psikolog dari Nottingham Trent University meneliti sejauh mana manfaat game dalam terapi fisik.
Dampak negative dari game akan sangat terasa apabila pemain tidak bisa mengendalikan diri. Hasil penelitian Fakultas Kedokteran Universitas Hanover, Jerman mengatakan game online dapat mengakibatkan kepribadian ganda. Seorang wanita yang sering bermain game online tiap hari selama 3 bulan dengan memainkan beberapa tokoh yang berbeda, ternyata tokoh imajinasi itu mengambil alih kepribadiannya. Sehingga wanita tersebut kehilangan kendali atas kepribadian dan kehidupan sosialnya.

Dampak negatif game online adalah :
1. Menimbulkan efek ketagihan
2. Membuat orang terisolir dari kehidupan disekitarnya
3. Membuat orang menjadi malas
4. Mengganggu kesehatan
5. Menimbulkan masalah psikologis apabila terlalu dipikirkan
6. Mengganggu kehidupan di dunia nyata
7. Pemborosan apabila kecanduan game online

Sumber :

Nama: meidiana dwi andyni
kelas : 3IA14
npm: 55413407

Thursday, 17 December 2015

Logo dan karakter untuk kelas IA14

Logo kelas






Filosifi logo

KSI merupakan singkatan dari knowledge, smart dan intelligent. Sementara 14 yaitu urutan kelas kami di Jurusan Teknik Informatika.

Logo ini bergambar sinyal / pemancar yang memiliki arti mencari dan membagi. Icon dan teks pada logo ini sangat berkaitan, dimana knowledge (ilmu pegetahuan) dapat membuat manusia menjadi smart (pintar), kepintaran itu yang bisa meciptakan manusia menjadi karakter yang cerdas. Ilmu tidak bisa datang tiba-tiba, karena ilmu bisa didapatkan dengan cara dicari. Apabila sudah kaya dengan ilmu seseorang tidak boleh pelit dengan ilmu yang dimilikinya dan harus berbagi kepada yang lain.

Arti warna pada logo

Logo ini mempunyai dua warna yaitu biru dan putih, berikut ini arti dari warna pada logo tersebut.

Biru
Biru memiliki arti meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru yang kuat (biru tua) akan merangsang pemikiran yang jernih dan biru muda akan menenangkan pikiran dan membantu konsentrasi. Secara garis besar warna biru memiliki arti profesionalitas. Birupada logo tersebut mengartikan suatu profesionalitas dalam sebuah kreatifitas.

Putih
Putih memiliki arti keterbebasan, kenapa pada logo ini dipakai warna putih? Sesuai dengan pengertiaannya, kita bebas mencari ilmu sesuai dengan yang kita inginkan dan tidak ada batasan untuk itu.


Karakter

Deskripsi dari karakter diatas yaitu :

karakter diatas menggambarkan seseorang yang sedang meraih topi toga, Sama halnya seperti kita sebagai mahasiswa yang sedang menempuh kelulusan diperkuliahan. Karakter ini berwarna putih dan tidak memiliki wajah. Mengapa demikian?

Karakter ini menyampaikan suatu pesan, putih melambang kesucian/kepolosan/keluguan pada unsur manusia. mata, yang artinya sebagai mahasiswa harus menpunyai sikap yang jujur, adil dan bertanggung jawab.

Secara tidak langsung topi toga merupakan suatu pandangan derajat atau tingkat kulaitas seseorang, semakin tinggi dia mencari ilmu semakin besar pula kesempatan sukses yang dia dapatkan.

Nama Anggota
Harles Bayu Anggara                  53413940
Karina Meita Permatasari            54413770
Meidiana Dwi Andyni                   55413407
Sinta Novianka                            58413503
Tridea Putra S                             58413986

Wednesday, 11 November 2015

Komputasi Hijau : Tugas 2

Komputasi Hijau

Nama
Meidiana Dwi Andyni
NPM
55413407
Kelas
3IA14
Judul
Live Green Be Green

LOGO

BROSUR
LOGO

Didalam logo ini terdapat beberapa unsur gambar yaitu : manusia, daun, dan pemikiran.
  1. Manusia merupakan subjek yang dapat merubah suatu hal dan keadaan. 
  2. Daun melambangkan lingkungan yang rindang dan hijau
  3. Pemikiran melambangkan implementasi yang dilakukan subjek

Arti dari logo ini adalah, manusialah yang dapat merubah keadaan suatu lingkungan. Dengan pemikiran dan implementasi yang benar untuk dilakukan terhadap kondisi suatu lingkungan. Membuat lingkungan menjadi lebih nyaman, rindang dan hijau merupakan suatu arti yang disampaikan oleh logo ini.

LIVE GREEN BE GREEN

Makna dari tulisan “LIVE GREEN BE GREEN” yaitu, bahwa hidup dengan lingkungan yang hijau (lingkungan yang masih baik), lingkungan yang masih baik ini yaitu lingkungan yang masih dipenuhi dengan tumbuhan – tumbuhan. Hidup maupun aktifitas manusia akan lebih nyaman.
Font yang digunakan yaitu berwana hijau, karena warna hijau mewakili kehidupan, kesegaran, lingkungan hidup dan pembaharuan. Dan warna hijau mengartikan pentingnya kelestarian alam, hidup harmonis dengan alam hingga berbagai gerakan penghijauan.

GAMBAR MANUSIA MENANAM POHON DAN BUMI MEMEGANG PAPAN DENGAN TULISAN BERSAHABATLAH DENGAN SAYA

Gambar ini merupakan suatu himbauan atau ajakan kepada masyarakat untuk bersahabat dengan bumi, salah satu cara bersahabat dengan bumi yaitu dengan cara menanam tumbuhan (pohon) dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar.

PESAN YANG DISAMPAIKAN DIDALAM BROSUR

Pesan yang terdapat didalam brosur merupakan suatu ajakan kepada manusia (masyarakat), untuk menjaga lingkungan, dan ikut serta menanam tumbuhan (pohon) dilingkungan mereka tinggal.


Editing logo = Corel Draw X6

Nama Anggota
Nama
NPM
Harles Bayu Anggara
53413940
Karina Meita Permatasari
54413770
Meidiana Dwi Andyni
55413407
Sinta Novianka
58413503
Tridea Putra S
58413986

Saturday, 3 October 2015

Tugas 1 Desain Pemodelan Grafis

 Nama   : Meidiana dwi andyni 
NPM    : 55413407
Kelas    : 3IA14



Tugas 1
Cari dan analisislah (termasuk filosofinya) logo/brand perusahaan yang termasuk kategori(menampilkan):

Nama perusahaan
Logo: pertamina

Logo Pertamina

Elemen logo membentuk huruf “P” yang secara keseluruhan merupakan representasi bentuk panah menggambarkan Pertamina yang bergerak maju dan progresif

warna-warna mencolok
menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis

warna merah
mencerminkan Keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam meghadapi berbagai macam kesulitan.

warna hijau
mencerminkan sumber daya energy yang berwawasan lingkungan

warna biru
mencerminkan andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab

Prefix (huruf depan) perusahaan
logo: carrefour




Logo Carrefour memiliki filosofi sebagai berikut:
a.     Warna Biru, Putih, dan Merah yang merupakan warna bendera negara dimana Carrefour didirikan yaitu Perancis.
b.     Terdapat dua tanda panah yang mengarah ke kanan dan ke kiri yang mencerminkan arti arti harfiah dari kata Perancis “Carrefour” (Artinya: Persimpangan).
c.     Ditengah logo tersebut terdapat huruf “C” yang merupakan huruf depan dari perusahaan tersebut yaitu Carrefour.


Kombinasi Nama dan Prefix
Logo: PG(petrokimia gresik)

PT Petrokimia Gresik memiliki lambang / logo, yaitu :
Seekor kerbau berwarna kuning emas dan daun berwarna hijau berujung lima dengan huruf PG berwarna putih yang terletak di tengah-tengahnya.

Masing-masing lambang tersebut mengandung arti sbb :

1.    Kerbau berwarna kuning emas


- Dalam bahasa daerah (Jawa) adalah Kebomas, sebagai penghargaan kepada daerah di mana PT Petrokimia Gresik berdomisili, yaitu di wilayah kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. PT Petrokimia Gresik saat ini mempunyai areal seluas 450 hektar yang terletak di kecamatan Gresik, Manyar dan Kebomas.
- Warna emas sebagai lambang keagungan, kerbau merupakan sahabat petani, yang dipergunakan oleh petani untuk mengolah sawah.
2.Kelopak daun hijau berujung lima
- Daun berujung lima melambangkan kelima sila dari Pancasila
- Warna hijau sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan
3.Huruf PG berwarna putih
- PG singkatan dari Petrokimia Gresik
- Warna putih sebagai lambang bersih dan suci
4. Warna hitam penulisan nama perusahaan
Warna hitam sebagai lambang kedalaman, stabilitas, dan keyakinan teguh
- Garis batas hitam di seluruh komponen sebagai lambang kewibawaan dan elegan 


Kombinasi Nama dan Grafik 
Logo: KAI



Logo PT Kereta Api Indonesia terdiri :

  • 3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
  • 2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
  • 1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)

Implikasi nama perusahaan
Logo: Burger King

Logo Burger King mengilustrasikan gambaran menggoda dan berbuih dari rantai makanan cepat saji, cocok untuk budaya makanan cepat saji di kalangan pemuda. Warna-warna hidup yang digunakan cukup menarik untuk menarik orang.

Bentuk logo Burger King:
Logo burger King datang sebagai sebuah lingkaran miring dengan belahan sanggul di kedua sisi logo dan font yang muncul di tengah, bersama dengan pusaran menggarisbawahi rancangan lengkap. Ini benar-benar mencerminkan sifat dinamis dari rantai makanan.

Warna logo Burger King:
Ketiga warna yang digunakan di logo Burger King berwarna merah, kuning dan biru. Keindahan dari tiga warna primer bentuk motif yang eye-catching cukup untuk menarik semua kelompok umur dengan kasih yang pernah hijau untuk makanan cepat saji.
Font logo Burger King:
Font dari logo Burger King adalah salah satu yang sederhana sekalipun. Berwarna merah, topi-terkunci digabungkan dengan bentuk, logo sangat menonjol serta menarik. Ukuran font dari 'raja' adalah sedikit lebih besar dari 'burger' itu, memuji desain di hampir semua cara.
Logo Burger King, selain menjadi tengara dalam pengakuan rantai makanan cepat saji, juga merupakan salah satu dari beberapa logo yang mampu mempertahankan keseragaman mereka cukup luas dengan berlalunya waktu. Desain, sederhana namun populer adalah diakui di seluruh di antara semua kelompok usia dan juga menjaga kualitas dan reputasi dari rantai makanan. (Famous Logos)

Tujuan perusahaan
logo: Bkkbn


Simbol Logo
Simbol adalah gambar sebuah keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan 2 orang anak menyambut fajar baru, yang berarti masa depan yang cerah. Fajar baru disimbolkan berupa garis lengkung yang melingkar di atasnya.
Tipografi Logo
Tipografi BKKBN tersusun dari B, K dan N yang menggunakan huruf kapital. Sedangkan k dan b menggunakan huruf kecil sebagai penekanan pada kegiatan BKKBN yang konsisten mengembangkan perencanaan keluarga. Huruf kecil melambangkan egaliterisme, ramah dan dekat dengan keluarga Indonesia. Huruf besar melambangkan formalitas dan wibawa dari lembaga ini.

Referensi:
http://artilambang.blogspot.co.id/2014/02/arti-logo-pertamina.html
http://www.centerklik.com/design/arti-di-balik-25-logo-terbaik-dan-terkenal-yang-unik/
http://makandong.blogspot.co.id/2010/11/arti-logo-burger-king.html
http://www.petrokimia-gresik.com/Pupuk/Makna.Logo
https://kioslambang.wordpress.com/2011/10/26/arti-logo-pt-kereta-api-indonesia-baru/
http://jendelahidup.blogspot.co.id/2011/01/makna-sebuah-logo.html