Saturday, 3 October 2015

Tugas 1 Desain Pemodelan Grafis

 Nama   : Meidiana dwi andyni 
NPM    : 55413407
Kelas    : 3IA14



Tugas 1
Cari dan analisislah (termasuk filosofinya) logo/brand perusahaan yang termasuk kategori(menampilkan):

Nama perusahaan
Logo: pertamina

Logo Pertamina

Elemen logo membentuk huruf “P” yang secara keseluruhan merupakan representasi bentuk panah menggambarkan Pertamina yang bergerak maju dan progresif

warna-warna mencolok
menunjukkan langkah besar yang diambil Pertamina dan aspirasi perusahaan akan masa depan yang lebih positif dan dinamis

warna merah
mencerminkan Keuletan dan ketegasan serta keberanian dalam meghadapi berbagai macam kesulitan.

warna hijau
mencerminkan sumber daya energy yang berwawasan lingkungan

warna biru
mencerminkan andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab

Prefix (huruf depan) perusahaan
logo: carrefour




Logo Carrefour memiliki filosofi sebagai berikut:
a.     Warna Biru, Putih, dan Merah yang merupakan warna bendera negara dimana Carrefour didirikan yaitu Perancis.
b.     Terdapat dua tanda panah yang mengarah ke kanan dan ke kiri yang mencerminkan arti arti harfiah dari kata Perancis “Carrefour” (Artinya: Persimpangan).
c.     Ditengah logo tersebut terdapat huruf “C” yang merupakan huruf depan dari perusahaan tersebut yaitu Carrefour.


Kombinasi Nama dan Prefix
Logo: PG(petrokimia gresik)

PT Petrokimia Gresik memiliki lambang / logo, yaitu :
Seekor kerbau berwarna kuning emas dan daun berwarna hijau berujung lima dengan huruf PG berwarna putih yang terletak di tengah-tengahnya.

Masing-masing lambang tersebut mengandung arti sbb :

1.    Kerbau berwarna kuning emas


- Dalam bahasa daerah (Jawa) adalah Kebomas, sebagai penghargaan kepada daerah di mana PT Petrokimia Gresik berdomisili, yaitu di wilayah kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. PT Petrokimia Gresik saat ini mempunyai areal seluas 450 hektar yang terletak di kecamatan Gresik, Manyar dan Kebomas.
- Warna emas sebagai lambang keagungan, kerbau merupakan sahabat petani, yang dipergunakan oleh petani untuk mengolah sawah.
2.Kelopak daun hijau berujung lima
- Daun berujung lima melambangkan kelima sila dari Pancasila
- Warna hijau sebagai lambang kesuburan dan kesejahteraan
3.Huruf PG berwarna putih
- PG singkatan dari Petrokimia Gresik
- Warna putih sebagai lambang bersih dan suci
4. Warna hitam penulisan nama perusahaan
Warna hitam sebagai lambang kedalaman, stabilitas, dan keyakinan teguh
- Garis batas hitam di seluruh komponen sebagai lambang kewibawaan dan elegan 


Kombinasi Nama dan Grafik 
Logo: KAI



Logo PT Kereta Api Indonesia terdiri :

  • 3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
  • 2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
  • 1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)

Implikasi nama perusahaan
Logo: Burger King

Logo Burger King mengilustrasikan gambaran menggoda dan berbuih dari rantai makanan cepat saji, cocok untuk budaya makanan cepat saji di kalangan pemuda. Warna-warna hidup yang digunakan cukup menarik untuk menarik orang.

Bentuk logo Burger King:
Logo burger King datang sebagai sebuah lingkaran miring dengan belahan sanggul di kedua sisi logo dan font yang muncul di tengah, bersama dengan pusaran menggarisbawahi rancangan lengkap. Ini benar-benar mencerminkan sifat dinamis dari rantai makanan.

Warna logo Burger King:
Ketiga warna yang digunakan di logo Burger King berwarna merah, kuning dan biru. Keindahan dari tiga warna primer bentuk motif yang eye-catching cukup untuk menarik semua kelompok umur dengan kasih yang pernah hijau untuk makanan cepat saji.
Font logo Burger King:
Font dari logo Burger King adalah salah satu yang sederhana sekalipun. Berwarna merah, topi-terkunci digabungkan dengan bentuk, logo sangat menonjol serta menarik. Ukuran font dari 'raja' adalah sedikit lebih besar dari 'burger' itu, memuji desain di hampir semua cara.
Logo Burger King, selain menjadi tengara dalam pengakuan rantai makanan cepat saji, juga merupakan salah satu dari beberapa logo yang mampu mempertahankan keseragaman mereka cukup luas dengan berlalunya waktu. Desain, sederhana namun populer adalah diakui di seluruh di antara semua kelompok usia dan juga menjaga kualitas dan reputasi dari rantai makanan. (Famous Logos)

Tujuan perusahaan
logo: Bkkbn


Simbol Logo
Simbol adalah gambar sebuah keluarga yang terdiri dari bapak, ibu dan 2 orang anak menyambut fajar baru, yang berarti masa depan yang cerah. Fajar baru disimbolkan berupa garis lengkung yang melingkar di atasnya.
Tipografi Logo
Tipografi BKKBN tersusun dari B, K dan N yang menggunakan huruf kapital. Sedangkan k dan b menggunakan huruf kecil sebagai penekanan pada kegiatan BKKBN yang konsisten mengembangkan perencanaan keluarga. Huruf kecil melambangkan egaliterisme, ramah dan dekat dengan keluarga Indonesia. Huruf besar melambangkan formalitas dan wibawa dari lembaga ini.

Referensi:
http://artilambang.blogspot.co.id/2014/02/arti-logo-pertamina.html
http://www.centerklik.com/design/arti-di-balik-25-logo-terbaik-dan-terkenal-yang-unik/
http://makandong.blogspot.co.id/2010/11/arti-logo-burger-king.html
http://www.petrokimia-gresik.com/Pupuk/Makna.Logo
https://kioslambang.wordpress.com/2011/10/26/arti-logo-pt-kereta-api-indonesia-baru/
http://jendelahidup.blogspot.co.id/2011/01/makna-sebuah-logo.html 




No comments:

Post a Comment