Software ERP yang biasa digunakan oleh perusahaan
diantaranya:
1. SAP AG
SAP AG adalah perusahaan penyedia dan konsultan software
yang didirikan di Jerman pada tahun 1972 oleh 5 orang bekas karyawan IBM. SAP
adalah singkatan dari Systeme, Andwendungen, Produkte in der
Datenverarbeitung yang kemudian di terjemahkan dalam bahasa Inggris
sebagai Systems, Applications, Products in Data Processing.
Pada awalnya SAP hanya berfokus pada para pelanggan dari
kelas ukuran besar namun seiring semakin ketatnya kompetisi dan meningkatnya
kesadaran perusahaan-perusahaan kelas kecil-menengah maka fokus pun bergeser ke
segmen pasar tersebut.SAP kini menyerdiakan pket solusi ERP untuk
perusahaan kecil menengah, yaitu SAP Business One dan SAP
All-in-One.
SAP adalah penguasa pasar produk ERP
saat ini. Hasil survey dari beberapa media memperkirakan bahwa lebih dari 10
juta pengguna yang menggunakan lisensi produk ERP dari SAP atau kira kira lebid
dari 65% pasar ERP dunia.
Secara teknis, aplikasi software SAP menggunakan arsitektur
3-tier yang terdiri dari beberapa modul yang saling terintegrasi. Produk
Utamanya meliputi SAP ERP Enterprise Core, yang merupakan
solusi aplikasi ERP dan SAP Business Suite yang merupakan
paket solusi yang lain seperti SAP CRM (Customer Relationship
Management), SAP SCM (Supply Chain Management), SAP
SRM (Supplier Relationship Management) dan SAP PLM (Product
Life Cycle Management).
Modul-modul tersebut dapat
diterapkan secara penuh atau dapat digunakan secara terpisah yang disesuaikan
dengan kebutuhan pelanggan. Saat ini produk ERP dari SAP sudah mendukung
transaksi e-commerce melalui internet.
Salah satu manfaat dari modul
dukungan e-commerce ini adalah adanya modul SCM (supply chain management) yang
terintegrasi dengan para pelanggan SAP lainnya melalui internet. Misalkan jika
Anda adalah pelanggan SAP dan memerlukan pasokan material tertentu maka melalui
modul SAP dapat melakukan pencarian di database melalui internet daftar
perusahaan penyedianya.
Dari daftar tersebut dapat diperoleh
informasi lengkap dan rinci mengenai harga, spesifikasi dan waktu pengiriman
jika Anda memesannya langsung dari pabrik/perusahaan penyedianya. Anda tinggal
memilih pemasok yang paling sesuai dengan kebutuhan secara real-time dan
on-line.
Bayangkan berapa besar penghematan
waktu, biaya dan sumber daya lainnya dengan dukungan SCM tersebut. Perusahaan
Anda tidak perlu kerepotan mengelola gudang yang besar, penghematan arus uang
yang mengendap karena tersimpan dalam bentuk cadangan pasokan material, dsb.
Keuntungan dan kerugian sap
-
SAP memiliki beberapa keuntungan di
antara nya adalah
-
SAP terdiri dari sejumlah modul
aplikasi yang mempunyai kemampuan mendukung semua transaksi yang perlu
dilakukan suatu perusahaan dan tiap aplikasi bekerja secara berkaitan satu
dengan yang lainnya. Semua modul aplikasi di SAP dapat bekerja secara terintegrasi/terhubung
yang satu dengan lainnya.
-
SAP punya Netweaver platform, yg
mensupport development dan software logistic
-
SAP punya ABAP, business programming
language yg mempermudah developer utk implementasi business logic
-
Menerapkan balance score card. Membuat
integrative process chain dari company sampai lebih 3 tingkat ke hulu supplier
dan lebih 3 tingkat ke hilir distributor. Membuat laporan keuangan konsolidasi
dengan multi accounting system, multi currency dan multi-2 lainnya
-
Mendukung integrasi proses bisnis
perusahaan-perusahaan besar.
-
Semua informasi yang tersimpan
didalam SAP dapat diakses oleh bagian organisasi yang membutuhkan pada saat
dibutuhkan.
-
Selain keuntungan sap juga memiliki
kerugian / kekurangan di antara nya adalah
-
Scope integrasi,
-
Harga license tiap user SAP yang
relative mahal,
-
Biaya consultan yang lumayan mahal
-
Kelengkapan data entry dan batas
waktunya yang menuntut kedisiplinan usernya. Dimana dalam mengimplementasikan
SAP, perusahaan harus menyediakan SDM yang sebagai user dan penanggung jawab
atas Change Management Process.
2.
Oracle
Pada awalnya Oracle adalah perusahaan pengembang aplikasi
database software yang dapat digunakan untuk mengembangkan sistem informasi
dengan basis data terpusat. Dan Hingga saat ini produk Database Oracle masih
merupakan database terbaik dan dipakai oleh hampir semua produk ERP.
Oracle
adalah aplikasi database yang pertama kali mengadopsi SQL (structure query
language) yang menjadi standar bahasa bagi berbagai DBMS (data
base management system) modern.
Saat ini Oracle yang didirikan pada
tahun 1977 tersebut sudah mengembangkan banyak sekali alat pengembangan
aplikasi (applicaton development tools) yang handal dan fungsional selain
aplikasi DBMS-nya. Berbekal hal-hal tersebut maka Oracle menawarkan berbagai
produk dalam bentuk suite package ERP yang didukung dengan layanan konsultansi,
pendidikan dan dukungan sistem di hampir setiap negara di dunia.
Hal unik yang ada saat ini adalah
fakta bahwa hampir seluruh produk ERP dari kompetitor Oracle ternyata framework
basis datanya menggunakan produk DBMS dari Oracle. Keunggulan utama dari produk
ERP hasil pengembangan Oracle adalah fokusnya pada solusi e-business terdepan.
Dengan kemudahan pengelolaannya yang berbasis
internet maka Oracle melampui banyak vendor produk ERP standar yang
masih berbasis client-server. Pada bulan Desember 2004, perusahaan ini
mengakuisisi salah satu perusahaan pengembang ERP terkemuka, yaituPeoplesoft,
dimana sebelumnya Peoplesoft telah mengakuisisi JD Edwars yang juga merupakan
salah satu pengembang ERP ternama. Akuisisi Peoplesoft ini membuat Oracle harus
mampu mendukung berbagai jeis produk dan terus mengemnangkan produk dan
layanannya.
Hasil dari akuisisi tersebut saat ini Oracle menawarkan
berbagai paket aplikasi ERP, yaitu Oracle E-Business, Peoplesoft
Enterprise dan JD Edward Enterprise One. Selain
produk utama tersebut, Oracle juga menyediakan berbagai produk pelengkap
(bolt-on). Tidak hanya sampai disitu saja, selain Peoplesoft, Oracle juga
mengakuisisi Siebel, sebuah perusahaan pengembang palikasi CRM.
Akuisisi ini membuat produk produk Oracle menjadi semakin kaya fitur dan
bervariasi.
Kelebihan
1.
Menawarkan berbagai produk dalam bentuk suite package Oracle ERP yang didukung
dengan layanan konsultasi, pendidikan, dan dukungan sistem.
2.
Berfokus pada solusi E-business.
3.
Client/server environment. Oracle memisahkan proses antara database server dan
aplikasi client.
4.
Ukuran database yang besar dan pengaturan space Oracle mendukung ukuran
database yang sangat besar hingga jumlahnya terabyte.
5.
Multiuser. Oracle mendukung pelayanan banyak user, yang terkoneksi pada waktu
yang sama, dan mengakses data yang sama.
6.
Connectibility. Oracle dapat menggunakan berbagai sistem operasi dalam suatu
jaringan untuk mengakses data.
7.
High transaction processing performance. Oracle dapat mengatur sistem agar
pemrosesan data dapat berjalan dengan cepat walaupun jumlah transaksi sangat
banyak pada suatu waktu.
8.
Availability. Oracle dapat menjalankan database secara terus menerus (24 jam
sehari). Pemisahan sistem komputer dan proses backup dapat dilakukan secara on
line, tanpa harus mematikan database.
9.
Manajemen keamanan yang baik. Oracle memiliki fitur yang baik untuk membatasi
dan memonitor akses data.
10.
Database enforced integrity. Oracle mempunyai kontrol untuk mengendalikan data
mana saja yang dapat diterima database.
11.
Portabilitas. Oracle dapat berjalan di berbagai sistem operasi, baik Linux,
Windows, maupun Unix.
12.
Distributed system. Oracle dapat memisahkan databasenya dalam komputer-komputer
yang secara fisik terpisah.
13.
Replicant environment. Oracle mampu menduplikasi database object dalam lokasi
server yang berbeda-beda.
Kekurangan
1.
Struktur aplikasi yang hanya untuk perusahaan yang berbasis web dengan hanya
memiliki satu jenis yaitu ERP.
2.
Pangsa pasar untuk kalangan atas karena harga lisensi yang mahal namun Oracle
compatible dengan Windows, Mac OS X, dan Linux.
3.
Oracle merupakan DBMS yang paling rumit dan paling mahal.
4.
Terlalu sulit dan lambat dalam penggunakan.
5.
Beroperasi pada satu database.
3. JD
Edwards
JD Edwards sebagai penyedia Produk ERP, lebih mengedepankan
aspek keluwesan (flexibility) dan keterbukaan (interoperability) antar modul
aplikasi software di dalamnya. Jika menerapkan solusi ERP dari SAP, klien harus
menggunakan modul-modul terstruktur yang dikembangkan secara internal dari
vendor tersebut.
Sedangkan JD. Edwards mendukung dan
mengakomodasi sistem yang mengintegrasikan berbagai modul-modul dari vendor
berbeda yang diinginkan oleh pelanggannya. Sehingga kita dapat memilih sendiri
databae, sistem operasi da hardware apa yang akan digunakan sehingga solusi
dapat dibangun berdasarkan kebutuhan dan kemampuan perusahaan
Hal ini tentunya sangat
menguntungkan bagi para pelanggan yang ingin mengintegrasikan sistem yang sudah
berjalan baik (running well) ke dalam sistem ERP dari JD. Edwards baik dari
sisi waktu dan biaya.
Sistem yang diterapkan oleh JD.
Edwards menggunakan arsitektur yang terpusat namun dalam pengolahan datanya
terdistribusi serta didukung layanan fungsi penjelajah yang mengakses berbagai
aplikasi software sistem informasi yang terintegrasi dalam jaringan komunikasi
data elektronik perusahaan klien.
Selain itu dengan filosofi platform
terbuka, produk ERP dari JD. Edwards mampu berjalan di hampir setiap jenis
platform perangkat keras dan perangkat lunak yang ada.
Filosofi platform terbuka dan
karakteristik sistem terbuka antar modul aplikasi ini menjadi keunggulan dari
produk ERP yang dikembangkan oleh JD. Edwards dalam memberikan solusi bagi
perusahaan-perusahaan yang masih berkembang.
4. Microsoft
Dynamics AX
Microsoft Dynamics AX pada awalnya dikembangkan oleh
Damgaard di Denmark dan pada saat itu dikenal sebagai Axapta, sebelum di merger
oleh perusahaan Navision pada tahun 2000. Hasil dari merger ini kemudian
diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2002 dan produknya sekarang telah
berkembang ke seluruh penjuru dunia.
Microsoft Dynamics AX (sebelumnya Axapta) adalah solusi yang
tersedia saat ini yang paling dapat memberikan cakupan yang paling luas bagi
perusahaan yang memiliki penghasilan menengah ke atas. Dengan memiliki sistem
ini dapat membantu perkembangan bisnis secara cepat bahkan perluasan yang cepat
di internet. Dynamic AX juga menyediakan dasar yang kuat untuk kesuksesan
kolaborasi dengan para klien, mitra kerja, karyawan dan vendor.
Modul
:
General
Ledger
Cost
Accounting
Bank
CRM
Accounts
Receivable
Accounts
Payable
Inventory
Management
Master
planning
Production
Human
Resources
Project
Service
Quistionnaire
Shop
Floor Control
Keunggulan
:
Bekerja
seiring dengan irama bisnis anda
Membantu
untuk berinteraksi dengan klien, mitra, karyawan dan komunitas dagang
Menyediakan
fungsi yang handal dan komprehensif
Membantu
usaha anda untuk berkembang dan bergerak cepat
Dynamic AX mensupport bisnis anda secara keseluruhan dimana
di dalamnya dapat ditemukan semua standar aplikasi ERP, yang merupakan satu
kesatuan yang mudah digunakan secara menyeluruh yaitu : Analitis, Costumisasi,
Distribusi, E-commerce Manajemen KeuanganManajemen Sumber Daya Manusia, IT
Infrastruktur Manajemen , Perindustrian, Project management, Sales dan
Pemasaran, Supply chain management.
Microsoft Dyanmic AX
mampu memperluas areal bisnis anda di internet. Bisnis anda akan berkembang
dari yang paling dasar hingga akses perusahaan anda langsung ke klien, mitra,
para pegawai, dan komunitas dagang. Tak perduli aktifitas anda dalam satu
lokasi atau di beberapa tempat bahkan di luar negeri, dengan Dynamic AX
semuanya mungkin, karena dapat disesuaikan dengan semua mata uang dan bahasa.
Apalagi Dynamic AX menggunakan tools seperti yang biasa digunakan.
Dalam Microsoft office, SQL server, exchange dan windows.
Para karyawan anda dipastikan akan menemukan solusi yang paling cepat, bahkan
adanya perbaikan dalam produktifitas. Dynamic AX juga dapat menyesuaikan diri
dengan organisasi anda sama seperti sarung tangan. Selamanya dapat disesuaikan,
dan Columbus IT akan bekerjasama untuk menentukan bagaimana meningkatkan usaha
anda dan menggabungkannya dengan Dynamix AX. Dengan demikian, pekerjaan akan
lebih cepat, lebih efisien dan pada akhirnya perusahaan akan lebih profit.
4.
Microsoft Business Solution
Microsoft melalui unit bisnis Business Solution menyediakan
3 jenis software untuk implementasi ERP, yaitu Microsoft Axapta, Microsoft
Great Plains, Microsoft Navision. Saat ini ketiga
jenis software ini telah berbah nama secara resmi dengan penambahan kata “Dynamics” didepannya.
Meskipun ketiga jenis kelomok
software tersebut memiliki fitur yang hampir sama, tetapi secara umum produk
Microsoft Dynamics ini mewarisi karakteristik khas produk Microsoft lainnya yaitu:
- User friendly,
mudah digunakan dan dapat terintegrasi dengan Microsoft Office yang sudah
banyak digunakan oleh pengguna komputer dan sistem aplikasi sehingga
meningkatkan produktivitas, mengurangi waktu training, dan mengurangi
reluktansi (keengganan) pengguna.
- Flexible,
mudah diadaptasi dan dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan bisnis yang
dinamis dan berubah, atau kebutuhan spesifik industri tertentu.
- Right Size Right Fit, menyediakan fungsi fungsi yang lengkap dan tidak
berlebihan yang sudah memenuhi mayoritas kebutuhan pasar.
5.
Industrial and Financial System (IFS)
IFS adalah vendor ERP dari Swedia yang didirikan pada tahun
1983. Saat ini IFS telah mempunyai 2.600 karyawan. Aplikasi IFS telah ada di 54
negara dan dibuat dalam 20 Bahasa. Aplikasi IF menyediakan fungsi-fungsi ERP
termasuk diantaranya: Customer Relation Management (CRM), Suplly Chain
Management (SCM) , Product Lifecycle Management (PLM ), Corporate Performance
management (CPM), Enterrise Asset management (EAM), dan Maintenace Repair and
Overhaul (MRO). IFS juga menyediakan solusi Untuk Retail & Wholesale
Distribution.
IFS menyediakan solusi berbasis komponen yang mudah untuk di
implementasikan, dijalankan, dan di upgrde. Dengan sistem berbasis komponen
ini, sistem IFS dapat dengan mudah di konfigurasi mengikuti perubahan proses
sehingga dapat mendukung proses bisnis yang memberikan nilai tambah pada
perusahaan. Aplikasi IFS dapat diterapkan secara bertahap mulai dari tingkat
fungsional yang paling diperlukan hingga fitur fitur tambahan untuk mendukung
proses bisnis yang sejalan dengan perkembangan kebutuhan perusahaan. Arsitektur
aplikasi IFS juga dibangun berdasarkan konsep Service Oriented
Compenent Atchitecture yang bersifat terbuka dan dirancang sesuai
dengan standard industri. Arsitektur ini memudahkan integrasi IFS dengan
berbagai paket software lain yang ada di pasar.
6. QAD MFG
/ Pro
QAD adalah sebuah perusahaan software di Santa Barabara
Amerika Serikat yang didirikan pada tahun 1979, Saat ini sudah terpasang di
5.500 tempat di 90 negara. QAD fokus dan sangat mendalam pada industri
Manufaktur saja dan spesifik dibidang Otomotif, Barang Konsumsi, makanan,
elektronik dan kesehatan. Salah satu produk QAD yang terkenal adalah MFG/PRO,
yaitu produk yang di rancang untuk mendukung sistem ERP Perusahaan.
MFG/PRO adalah salah satu produk ERP
yang cukup sukses di pasaran dunia dan juga di Indonesia. Software MFG/PRO
bersifat komprehensif, terbuka, fleksibel, scalable, interaktif, dan dirancang
untuk memenuhi kebutuhan pengelolaan manufaktur modern.
Secara Teknologi, versi terbaru MFG/PRO sudah menganut SOA (Service
Oriented Architecture). MFG/PRO saat ini bisa dijalankan didatabase Postgresql dan Oracle.
Antarmuka apliakasi QAD pada umumnya
dibagi menjadi 4 jenis, yaitu antarmuka melalui Text/karakter, berbasis
windows, berbasis Web menggunakan jJava, dan menggunakan aplikasi Microsoft
.Net.
7.
Compiere ERP&CRM
Compiere yang
dibangun menggunakan bahasa pemrograman modern JAVA (ERP lain kebanyakan masih
menggunakan bahasa pemrograman lama yang sudah out of date), memungkinkan
aplikasi ini berjalan di berbagai platform seperti Windows, Linux, Unix,
Solaris dan lain lain. Hal ini membuat Compiere memiliki fleksibilitas yang
tinggi dimana klien dapat menentukan jenis OS dan Hardware yang akan mereka
pakai dengan menyesuaikan terhadap kebutuhan dan anggaran yang tersedia.
Compiere juga
sangat mudah di Customize, didalam aplikasi Compiere terdapat modul Application
Dictionary dimana anda dapat menambah windows, membuat form, field, dan lain
lain tanpa harus melalui source code dan tanpa menyentuh bahasa pemrograman.
Cukup dengan memanfaatkan modul ini anda dapat melakukan customize hanya dalam
beberapa menit (cek link berikut ini). Selain itu aplikasi ini juga dilengkapi
dengan utility Customize Report sehingga penggunanya dapat membuat report
sesuai kebutuhan dan selera masing masing, sekali lagi tanpa menyentuh source
code dan bahasa pemrograman.
Compiere yang
dilengkapi dengan antar muka client-server dan Web Base yang berjalan secara
bersamaan, membuat aplikasi ini sangat fleksibel dalam hal kemudahan akses
dibanding aplikasi ERP manapun. Struktur antar muka yang dibuat berdasarkan
konsep Windows ekspolorer sangat memudahkan pengguna sehingga dapat dengan
cepat menjadi familiar dalam menjalankan aplikasi ini.
Sifat aplikasi yang opensource,
membuat aplikasi ini sangat populer dan dicoba oleh ribuan user di seluruh
dunia, sehingga bug dan kesalahan yang terjadi dapat dengan cepat diketahui dan
diperbaiki dan sangat cepat berkembang dimana pengembangannya didukung para
contributornya diseluruh dunia. Hal ini membuat Compiere menjadi aplikasi yang
fleksibel, stabil, dan up to date.
Saat ini ada 4 versi produk
Compiere, yaitu Versi Community (Free dan Opensource), Versi Standard
(Subscription dan Opensource), Versi Profesional (Subscription dan Closed
Source), dan Versi Cloud (Subscription dan Closed Source).
8.
ADempiere
Adempiere merupakan turunan dari Compiere, dimana aplikasi
ini dibangun oleh programmer programmer di seluruh dunia yang sebelumnya
tergabung didalam komunitas Compiere. Kelahiran Adempiere dipicu oleh
kekecewaan komunitas terhadap Compiere Inc. sebagai perusahaan pemilik
Compiere.
Adempiere sebagai
turunan Compiere memiliki hampir semua kehebatan dan kelebihan Compiere,
ditambah lagi dengan beberapa modul baru hasil sumbangan dari para
kontributornya, modul modul itu adalah : Manufacturing Management (sumbangan
dari eevolution – Mexico), Posterita (sumbangan Posterita), ZK WebUI (sumbangan
Posterita), Fixed Asset, dan Human Resource Management.
Dengan pengembangan dan penambahan modul modul yang bahkan
beberapa diantaanya belum ada di Compiere, saat ini Adempiere merupakan
aplikasi ERP Opensource yang paling lengkap dan paling gratis. Implementasi
Adempiere banyak menuai sukses baik di luar negri maupun didalam negri. Selain
itu anda dapat memilih OS sesuai keinginan anda, Hardware sesuai keinginan
anda, serta pilihan database postgreSQL (Opensource) atau Oracle (License).
Dengan keistimewaan yang ditawarkan
Adempiere tersebut, perusahaan dapat menerapkan ERP mulai dari anggaran
terendah yang mampu di investasikan oleh perusahaan. Dan apabila perusahaan
berkembang, dapat dengan mudah di upgrade atau bahkan di customize sesuai
dengan kebutuhan Perusahaan.
9.
Openbravo
Openbravo ERP merupakan salah satu turunan Compiere yang
juga banyak menuai sukses di pasaran. OB memfokuskan diri pada antarmuka
berbasis Web dan meniadakan antarmuka client-server. Dengan kemampuannya
merubah tampilan antarmuka dan menambah skin, membuat penampilan Openbravo
sulit ditandingi oleh ERP manapun.
Openbravo yang dimiliki oleh
perusahaan spanyol ini, mengkhususkan diri pada implementasi ERP pada
perusahaan UKM dengan Multi-site. Sehingga apabila perusahaan anda membutuhkan
aplikasi ERP yang akan digunakan untuk banyak site dan cabang maka OpenBravo
layak anda pertimbangkan. Pada versi yang akan datang Openbravo akan support ke
HTML5 yang memungkinkan di akses menggunakan Handheld PC, Blackberry dan lain
lain, sehingga anda dapat mengakses sistem anda dari mana saja.
Sumber : https://jeanneroselia.wordpress.com/2013/07/19/macam-macam-software-erp/
https://kripikmendoan.wordpress.com/2008/01/22/hello-world/
http://dika-regina.blogspot.com/2010/04/perbandingan-antara-microsoft-axapta.html
No comments:
Post a Comment